Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2
4/ 5 stars - "Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2" tematik Kelas 3 Tema 5 Halaman 14 Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah ...

Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2



 Jaket mempunyai kegunaan untuk melindungi badan dari udara cuek  Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2


tematik Kelas 3 Tema 5 Halaman 14


Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah
bersama. Edo menggunakan jaket ke sekolah. Jaket mempunyai kegunaan untuk melindungi badan dari udara dingin.
Kita memerlukan pakaian komplemen dikala udara dingin. Pakaian komplemen jaket atau sweater
menciptakan badan hangat. Makanan juga sanggup menciptakan badan hangat. Begitu juga minuman. Banyak makanan dan minuman yang sanggup menghangatkan tubuh. Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Mereka akan mengadakan pameran makanan daerah. Setiap siswa membawa makanan dari
kawasan asalnya. Kemudian, mereka menawarkan klarifikasi singkat ihwal makanan tersebut.
Edo maju ke depan kelas untuk memimpin diskusi. Edo mendata kawasan asal teman-teman di kelas. Daerah asal yang dimaksud yaitu kawasan asalusul orang tuamu. Yuk, kita bantu Edo.

Isilah tabel di bawah ini. Isi sesuai kawasan asal teman-teman di kelasmu.
Jawaban:
(Tulis semua nama sahabat di kelasmu, lalu tuliskan asal mereka)

Daerah asal teman-teman di kelas sangat beragam. Di Indonesia, asal-usul orang renta menjadi kawasan asal kita. Walaupun kita lahir di kawasan yang berbeda, tetapi kawasan asal orang renta tetap dianggap kawasan asal kita. Ini pertanda Indonesia terdiri atas bermacam-macam daerah. Indonesia juga mempunyai banyak suku bangsa. Kita mungkin berbeda kawasan dan suku bangsa. Akan tetapi, kita tetaplah satu bangsa Indonesia.

Hari mulai beranjak siang. Matahari bersinar cerah. Edo membuka jaketnya. Dia mulai merasa gerah.
Keadaan cuaca dalam satu hari sanggup berubahubah. Pagi hari, cuaca mendung. Siang hari, cuaca sanggup menjadi panas. Sore hari, cuaca sanggup berubah hujan. Tahukah kau apa itu cuaca? Cuaca adalah
keadaan udara pada suatu tempat. Cuaca terjadi pada jangka waktu tertentu. Keadaan cuaca dapat
berubah-ubah. Kita sanggup meramal keadaan cuaca. Caranya dengan mengamati unsur-unsur cuaca. Misalnya suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Kita juga sanggup mengamati curah hujan. Melihat keadaan awan dan keadaan angin. Unsur cuaca tidak sama pada semua tempat. Cuaca terjadi pada suatu tempat yang tidak luas. Terjadinya pun pada waktu tertentu. Amati keadaan di sekitarmu! Bagaimana keadaan cuacanya? Kegiatan apa yang dilakukan ketika keadaan cuaca menyerupai itu? Dampak apa yang kita rasakan? Bagaimana jikalau keadaan cuaca menyerupai itu berlangsung lama?

Tulislah percakapan terkait keadaan cuaca yang kau alami dikala ini.

Jawaban:
(Percakapan sanggup dibentuk diubahsuaikan dengan cuaca yang kalian alami)
 Berikut ini rujukan percakapan yang sanggup dibuat.

Jawaban 1
Beni: Udin, lihatlah cuaca hari ini cerah sekali!
Udin : Iya, Ben. Ayo kita bermain!
Beni: Ayo, tapi bermain apa ya?
Udin: Bagaimana kalau kita bermain bola di lapangan?
Beni dan Udin : Ayo!

Atau sanggup juga percakapannya dibentuk menyerupai berikut!

Jawaban 2
Beni: Udin, lihatlah di luar kelas hujan deras!
Udin : Iya, Ben. Kita jadi tidak sanggup bermain di luar!
Beni: Benar, kita tidak sanggup bermain di luar. Terus apa yang akan kita lakukan sekarang?
Udin: Bagaimana kalau kita membaca buku dongeng di perpustakaan sekolah.
Beni dan Udin : Ayo!
Ceritakan hasil percakapanmu di depan kelas. Sampaikan isu yang kau peroleh.
Berceritalah dengan penuh percaya diri. Perhatikan volume dan intonasi suara. Pastikan suaramu terdengar ke seluruh kelas.