Mengenal Lasik: Apa Sih Lasik Itu?
4/ 5 stars - "Mengenal Lasik: Apa Sih Lasik Itu?" Apa sih Lasik itu? Kalau contohnya mata kau minus atau silinder atau keduanya, kau sanggup menentukan tindakan Lasik untuk menghilangkan k...

Mengenal Lasik: Apa Sih Lasik Itu?



Apa sih Lasik itu? Kalau contohnya mata kau minus atau silinder atau keduanya, kau sanggup menentukan tindakan Lasik untuk menghilangkan ketergantungan kau menggunakan kacamata atau softlens. Sebelum kita dongeng lebih lanjut wacana Lasik, mungkin ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu, kenapa sih mata kita minus? Atau kenapa sih mata kita silinder?

Penyebab Mata Minus dan Silinder

Mata minus itu terjadi umumnya akhir dari sumbu bola mata yang memanjang ke belakang. Jadi, sinyal yang masuk hasilnya jatuh tidak pas di dinding penglihatan, tetapi di depan dinding penglihatan sehingga penglihatan buram. Ini ialah kelainan anatomis. Begitu juga dengan silinder, silinder itu terjadi akhir dari kornea mata yang seharusnya bentuknya cembung sempurna, ini ada permukaannya yang datar. Ini juga akhir dari kelainan anatomis. Mengapa sanggup terjadi kelainan anatomis? Kelainan anatomis sanggup terjadi akhir dari genetik atau lingkungan atau keduanya, sehingga sanggup mengakibatkan kau minus. 

Banyak orang yang salah kaprah wacana mata minus dan silinder. Banyak yang meyakini bahwa mata minus dan silinder sanggup sembuh kalau mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin atau melaksanakan senam mata. Mereka juga meyakini bahwa mata minus dan silinder sanggup hilang dengan menggunakan kacamata. Penting diketahui bahwa, mata minus dan silinder itu tidak sanggup hilang secara alami, mata minus dan silinder tidak sanggup hilang atau berkurang meskipun kau minum jus wortel sebanyak apapun. Mata minus juga tidak sanggup hilang dengan memijit-mijit mata setiap hari atau senam mata. Ada juga yang beranggapan bahwa contohnya dengan menggunakan kacamata khusus yang ada bolong-bolongnya sanggup mengobati mata minus secara permanen. Semuanya salah…!!!

Apa itu Lasik?

 Kalau contohnya mata kau minus atau silinder atau keduanya Mengenal Lasik: Apa sih Lasik itu?

Mata minus dan silinder hanya sanggup hilang dengan tindakan operasi, salah satunya ialah Lasik. Lasik itu ialah kepanjangan dari Laser-Assisted in Situ Keratomileusis. Lasik ialah tindakan untuk memperbaiki kelainan refraksi pada mata, sehingga pasien sanggup terlepas dari kacamata ataupun lensa kontak. Proses tersebut bekerja dengan cara menipiskan kornea sehingga sinar yang masuk ke mata kau jatuhnya pas ke dinding fokus penglihatan. Minus berapa saja atau silinder berapa saja yang sanggup dihilangkan atau dikurangi dengan Lasik? Untuk sejauh ini, Lasik sanggup mengurangi minus dari minus 1 hingga minus 14 dan silinder 1 hingga 5, namun juga harus melihat bagaimana keadaan kornea kamu, tebal atau tidak. Disamping itu, terdapat juga beberapa faktor lainnya yang menciptakan tidak semua orang sanggup melaksanakan Lasik lantaran retina dan serpihan mata lainnya harus diperiksa dari depan hingga belakang.

Apakah Operasi Lasik Sakit?

Apakah operasi Lasik sakit? Tindakan lasik sama sekali tidak sakit, tidak menggunakan jarum suntik atau alat tajam lainnya. Prosesnya pun sangat cepat, hanya sekitar 20 menit. Pasien hanya akan mencicipi silau dan banyak air yang akan disemprotkan ke mata pasien. Persiapan sebelum Lasik yaitu pasien harus melepaskan softlens 2 ahad sebelum dilakukan pemeriksaan. Jika menggunakan hardlens, maka harus dilepas sebuan sebelum pemeriksaan.


Dokter akan melaksanakan terapi pada kornea mata dengan menggunakan sinar, yakni suatu perubahan dari topografinya atau perubahan bentuk dengan sinar tersebut biar cahaya yang biasanya pada mata minus atau silider awalnya tidak terfokus pada titik tajam penglihatan sentral, dengan dilakukan Lasik maka sinar tersebut akan fokus pada saraf mata tanpa menggunakan kacamata.

Syarat Melakukan Lasik

Pasien yang mengalami kelainan mata minus atau silider dan telah oke melaksanakan tindakan Lasik, terlebih dahulu akan melewati proses pre Lasik. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi mata pasien dan koreksi yang nanti akan diberikan oleh Lasik tersebut optimal dari investigasi pre-Lasik ini. Pemeriksaan pre-Lasik akan melihat kondisi bola mata secara umum, baik itu secara struktural dipermukaan bola mata hingga dengan kondisi dari saraf mata. Pemeriksaannya berlangsung selama 2 hingga 3 jam untuk mengevaluasi seluruh kondisi dari bola mata.
  1. Pasien yang boleh mengikuti Lasik minimal berusia 18 tahun.
  2. Pasien tidak sedang hamil atau menyusui dimana kondisi tersebut sanggup kuat secara hormonal.
  3. Pasien tidak menggunakan lensa kontak dalam 2 ahad terakhir.
  4. Pasien telah menggunakan lensa kacamata stabil selama setahun.

Efek Samping Lasik

Apakah ada dampak samping Lasik? Dengan teknologi yang canggih dikala ini, maka segala dampak samping sanggup diminimalkan. Tingkat keberhasilan operasi Lasik sangat tinggi alasannya ialah telah banyak pasien yang disembuhkan dari mata minus dan silinder dengan cara ini. Masalah yang mungkin muncul, contohnya sebelum Lasik mata pasien minus 7, sehabis Lasik masih ada sisanya minus 2. Atau contohnya sebelum Lasik pasien minus 8, sehabis Lasik masih menyisakan minus 1. Hal ini disebabkan oleh bola mata banyak bergerak dikala Lasik dilakukan. Jadi, sangat disarankan bagi pasien yang akan melaksanakan Lasik untuk berkonsentrasi biar bola mata tidak terlalu banyak bergerak.

Terdapat juga mitos seputar Lasik, contohnya mata yang telah melalui proses Lasik akan meleleh atau buta 10 atau 20 tahun ke depan? Hal ini tidak benar, hingga dikala ini tidak pernah ada laporan mengenai perkara orang yang sehabis Lasik matanya meleleh atau buta.

Demikianlah klarifikasi wacana Operasi Lasik, semoga bermanfaat.

Sumber http://ilmusiana.blogspot.com/