Latihan Soal Dan Pembahasan Energi Kinetik Dan Energi Potensial Kelas 8 Smp
4/ 5 stars - "Latihan Soal Dan Pembahasan Energi Kinetik Dan Energi Potensial Kelas 8 Smp" Soal dan Pembahasan Energi Kinetik dan Energi Potensial Kelas 8 SMP - Membahas perihal energi kinetik dan energi potensial memang sangat m...

Latihan Soal Dan Pembahasan Energi Kinetik Dan Energi Potensial Kelas 8 Smp



Soal dan Pembahasan Energi Kinetik dan Energi Potensial Kelas 8 SMP - Membahas perihal energi kinetik dan energi potensial memang sangat menarik alasannya yaitu sangat bersahabat dengan kehidupan kita-sehari-hari. Saking eratnya dengan kehidupan kita sehari-hari, Energi Kinetik dan Energi Potensial sanggup kita jumpai dengan mudah.
Soal dan Pembahasan Energi Kinetik dan Energi Potensial Kelas  LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN ENERGI KINETIK DAN ENERGI POTENSIAL KELAS 8 SMP
Energi kinetik pada bola bowling
Contohnya: sebuah kelapa yang jatuh dari pohonnya dari ketinggian tertentu, atau kendaraan beroda empat yang sedang melaju dan menabrak, atau seorang anak ang melempar bola ke atas dan lain sebagainya yaitu teladan fenomena energi kinetik dan energi potensial dalam kehidupan kita sehari hari.

Latihan Soal Energi Kinetik dan Energi Potensial Kelas 8 SMP

Agar kau semakin paham apa itu energi kinetik dan energi potensial.saya akan mereview sedikit materi dan rumus energi kinetik dan energi potensial. Teruslah membaca hingga akhir. 

Devinisi Energi Kinetik dan Energi Potensial

Energi yaitu sesuatu yang tidak sanggup diciptakan dan tidak sanggup dimusnahkan, tetapi sanggup kita ubah menjadi bentuk energi yang lain. berbicara tenatng energi maka kita akan menemukan banyak bentuk sumber energi seperti:
1. Energi cahaya
2. Energi listrik
3. Energi Kimia
4. Energi Potensial
5. Energi Gerak (Kinetik)
6. Energi Nuklir dan lainnya

Energi Potensial (EP) adalah Energi yang dimiliki oleh benda yang berada pada suatu ketinggian dari permukaan bumi. Sedangkan, Energi Kinetik (EK) adalah energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu.

Rumus yang biasa kita pakai untuk menuntaskan soal energi kinetik dan energi potensial adalah:

EK = ½. m. v2

Dimana :
m = massa benda (kg)
v =  Kecepatan benda (m/s)
EK = Joule (J)

Seadangkan rumus energi potensial adalah:

EP = m. g. h

Dimana:
m = massa benda (kg)
g =  Percepatan gravitasi bumi (m/s2)
h = Ketinggian benda (m)
EP = energi potensial (J)


Hukum Kekekalan Energi

"hukum  kekekalan energi yaitu Energi tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya sanggup diubah dari 1 bentuk energi ke bentuk energi yang lain"

Rumus energi mekanik:

Soal dan Pembahasan Energi Kinetik dan Energi Potensial Kelas  LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN ENERGI KINETIK DAN ENERGI POTENSIAL KELAS 8 SMP
Soal dan Pembahasan Energi Kinetik dan Energi Potensial Kelas  LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN ENERGI KINETIK DAN ENERGI POTENSIAL KELAS 8 SMP
Soal dan Pembahasan Energi Kinetik dan Energi Potensial Kelas  LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN ENERGI KINETIK DAN ENERGI POTENSIAL KELAS 8 SMP
Contoh soal energi potensial:
1. Benda yang massanya 5 kg berada pada ketinggian 20 meter.  Berapa energi potensialnya bila g = 10 m/s2 ?
Jawab:
Diketahui :
m = 5 kg, h = 20 m dan g = 10 m/s.s
Solusi :
EP = m. g.h
EP =  5 kg. 10 m/s.s. 20 m
EP = 1000 Joule
2. Tentukan energi kinetik bola  bermassa 500 gram yang sedang bergerak dengan kecepatan 10 m/s2!
EK = ½. m. v2
EK = ½. 0,5 kg. 10m/s
EK = ½. 0,5 kg. 100 m/s
EK = 25 Joule   

Soal Essay energi Kinetik dan energi Potensial


1. Benda yang massanya 4 kg berada pada ketinggian 10 meter.  Berapa energi potensialnya bila g = 9,8 m/s2 ?

2. Berapa energi potensial sebuah benda yang massanya 3 kg bila benda berada pada ketinggian 10 meter?

3. Sebuah beban yang beratnya 10 N jatuh dari sebuah menara setinggi 20 meter. Berapakah energi potensial benda itu pada pertengahan menara?

4. Dua buah benda mempunyai energi potensial yang sama besar. Jika diketahui ketinggian benda I setengah dari ketinggian benda II dan massa benda I = 10 kg, tentukan massa benda II!

5. Sebuah balok bermassa 2 kg berada pada ketinggian 5 meter. Jika g = 9,8 m/s2, tentukan energi potensial pada balok itu terhadap tanah!

6. Sebuah watu bermassa 2,5 kg dipegang pada jendela sebuah gedung tinggi yang berada 40 meter di atas tanah. Berapakah energi potensial yang dimiliki batu? g = 9,8 m/s2

7. Sebuah benda terletak pada ketinggian 10 meter dan bermassa 10 kg. Jika percepatan grvitasi g = 9,8 m/s2, berapa energi potensial yang dimiliki benda tersebut?

8. Sebuah kendaraan beroda empat yang massanya 200 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Berapa energi kinetik yang dimiliki kendaraan beroda empat tersebut?

9. Tentukan energi kinetik sebuah sepeda yang sedang melaju pada kecepatan 5 m/s! Massa sepeda itu berikut pengendaranya yaitu 60 kg.

10. Tentukan energi kinetik bola volley bermassa 800 gram yang sedang bergerak dengan kecepatan 2,5 m/s2!

11. Seorang anak yang massanya 40 kg berlari dengan kecepatan 12 m/s. Dalam 10 sekon, kecepatan larinya menjadi 8 m/s. Berapa perubahan energi kinetiknya?

12. Energi kinetik yang dimilki sebuah peluru yang massanya 40 gram yaitu 1,28 joule. Berapa m/s kecepatan peluru tersebut?

13. Benda yang massanya 10 kg semula diam, lalu menerima gaya, sehingga sehabis 6 sekon menerima energi kinetik 1.620 joule. Berapa Newton gaya yang bekerja pada benda itu?

14. Benda yang massanya 4 kg digerakkan dengan kecepatan 72 km/jam, sehingga benda berpindah 50 meter. Berapa gaya dorongnya?

15. Sebuah peluru yang massanya 40 gram ditembakkan dengan kecepatan 70 m/s. Peluru itu berhenti sehabis masuk 6 cm ke dalam batang pohon. Berapa gaya kendala pohon?

Penutup

Demikian postingan Latihan Soal Energi Kinetik dan energi Potensial Sekolah Menengah Pertama Kelas 8, mudah-mudahan soal latihan ini sanggup memberi manfaat untuk kawan-kawan semua. Sampai jumpa di postingan artikel latihan soal kelas 8 lainnya. Selamat mencoba dan mengerjakan, jangan lupa kerjakan juga soal-soal fisika lainnya.  Jika kawan-kawan suka dengan artikel ini silahkan bagikan ke teman-teman ya. Jika kawan-kawan menemukan kesalahan pada soal latihan yang aku bagikan silahkan  komentar di bawah.