KISI-KISI USBN SD SMP SMA SMK TAHUN 2019
4/ 5 stars - "KISI-KISI USBN SD SMP SMA SMK TAHUN 2019" Kisi-Kisi USBN SD SMP SMA SMK Tahun 2019. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem pe...

KISI-KISI USBN SD SMP SMA SMK TAHUN 2019



Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaia KISI-KISI USBN SD SMP SMA SMK TAHUN 2019

Kisi-Kisi USBN SD SMP SMA SMK Tahun 2019. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable). Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar


USBN SD SMP SMA SMK  adalah adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar. Adapun yang dimaksud ‘berstandar nasional’ dalam USBN? Istilah ‘berstandar nasional’ dalam USBN dimaksudkan: (1) Soal USBN disusun berdasarkan kisi-kisi yang berlaku secara nasional. Kisi-kisi dikembangkan berdasarkan Standar Isi yang diturunkan menjadi kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum yang diterapkan; (2) Soal USBN memiliki soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen, kecuali untuk mata pelajaran yang ditetapkan di dalam POS USBN; dan (3) USBN dilaksanakan dengan mengacu kepada Prosedur Operasional Standar (POS) USBN yang ditetapkan BSNP.

Adapaun tujuan penyelenggaraan USBN adalah a) untuk mengukur capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar; b) sebagai sub-sistem penilaian dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) menjadi salah satu tolak ukur pencapaian Standar Nasional Pendidikan dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan; c) untuk meningkatkan mutu ujian sekolah; dan d) untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan penilaian, khususnya kemampuan pengembangan soal ujian.

Sedangkan manfaat USBN SD SMP SMA SMK adalah a) digunakan sebagai salah satu kriteria kelulusan; b) penguatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/ Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Forum Tutor dalam pengembangan dan perakitan naskah soal; dan c) sebagai dasar pemetaan, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.


Kisi-Kisi USBN SD SMP SMA SMK Tahun 2019 adalah acuan atau pedoman dalam penyusunan soal USBN SD SMP SMA SMK Sederajat Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Kisi-kisi USBN tersebut disusun oleh Puspendik bersama Direktorat terkait, khusus Kisi-kisi Pendidikan Agama dan mata pelajaran Keagamaan, disusun oleh Kemenag. Kisi-kisi USBN yang resmi ditetapkan oleh BSNP.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah merilis Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTS SMA/SMK/MA/MAK Sederajat tahun 2019 dan Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI SMP/MTS SMA/SMK/MA/MAK tahun 2019. Penetapan Kisi-kisi UN dan USBN ini berdasarkan Surat Keputusan BSNP Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Penetapan Kisi-Kisi UN Tahun 2019 dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Penetapan Kisi-Kisi USBN Tahun 2019. 

Dengan adanya kisi-kisi UN dan USBN SD SMP SMA SMK SEDERAJAT Tahun 2019 ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan pelaksanaan USBN dan UN, BSNP akan segera merilis POS USBN dan UN dalam waktu dekat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.

Bagi Anda yang akan memerlukan Kisi-kisi USBN  SD SMP SMA SMK tahun 2019,  dapat didownload melalui link di bawah ini.



KISI-KISI USBN (UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL) TAHUN 2019
                 KISI-KISI USBN SD - MI TAHUN 2019 SEMUA MATA PELAJARAN ----disini----
                 KISI-KISI USBN SMP - MTS TAHUN 2019 SEMUA MATA PELAJARAN ----disini----
                 KISI-KISI USBN SMA - MA TAHUN 2019 SEMUA MATA PELAJARAN ----disini----
                 KISI-KISI USBN SMK - MAK TAHUN 2019 SEMUA MATA PELAJARAN ----disini----

KISI-KISI UN (UJIAN NASIONAL) TAHUN 2019
                 KISI-KISI UN SMP - MTS SEDERAJAT TAHUN 2019 SEMUA MATA PELAJARAN ---disini -----
                 KISI-KISI UN SMA - MA SEDERAJAT TAHUN 2019 SEMUA MATA PELAJARAN ---disini -----

                 KISI-KISI UN SMK - MAK SEDERAJAT TAHUN 2019 SEMUA MATA PELAJARAN ---disini -----

Demikian info tentang Kisi-Kisi USBN SD SMP SMA SMK Tahun 2019 Semua Mata Pelajaran. Terima kasih, semoga bermanfaat. Untuk para guru, Selamat memperisapkan anak didik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Untuk para siswa Selamat Belajar, Semoga sukses.


= Baca Juga =