Contoh Peninggalan Kehidupan Era Perundagian (Pertukangan)
4/ 5 stars - "Contoh Peninggalan Kehidupan Era Perundagian (Pertukangan)" Manusia mengalami tahapan-tahapan kehidupan di bumi ini mulai dari yang paling primitif hingga yang paling modern. Salah satu masa yang d...

Contoh Peninggalan Kehidupan Era Perundagian (Pertukangan)



Manusia mengalami tahapan-tahapan
kehidupan di bumi ini mulai dari yang paling primitif hingga yang paling modern. Salah satu masa yang dialami kehidupan insan yaitu masa perundagian. Di masa  perundagian ini insan tidak hanya mengenal peralatan kerja mirip kapak dan beliung tapi sudah mulai menciptakan peralatan-peralatan komplemen kehidupan. Manusia di masa perundagian sudah mengenal perunggu dan besi. Contoh peninggalam peralatan hidup masa perundagian diantaranya:

1. Jenis-jenis peralatan dari besi yaitu beliung, mata pisau, mata tombak dan sabit.
2. Gerabah, yaitu alat yang dibentuk dari tanah liat yang masih sederhana.
3. Pakaian
Di Kalimantan, Sulawesi dan beberapa lokasi lain pernah ditemukan alat pemukul kulit kayu. Kulit kayu biasa dipakai sebagai materi pakaian. Ditemukannya alat pemukul kulit kayu ini menunjukan bahwa insan pada masa itu sudah mengenal pakaian. Bahkan kain tenun sederhana pun sudah dikenal.
4. Perhiasan
Barang perhiasan di zaman purba banyak yang berupa gelang dan kalung yang terbuat dari kerikil indah dan kerang. Perhiasan kalung biasanya dibentuk dari kerikil akik atau kerikil yang dicat. Bahkan dalam perkembangan zaman perunggu, dikenal barang-barang perhiasan contohnya gelang, cincin, kalung, anting dari perunggu.
 kehidupan di bumi ini mulai dari yang paling primitif hingga yang paling modern Contoh Peninggalan Kehidupan Masa Perundagian (Pertukangan)
Hasil kebudayaan masa perudagian
 5. Nekara
Nekara yaitu semacam tambur yang berbentuk dandang terbalik. Dalam kehidupan insan purba, nekara dijadikan alat pusaka. Benda ini dianggap suci dan dipuja. Fungsi nekara untuk mengiringi upacara-upacara penyembahan. Di Pulau Alor ditemukan nekara berukuran kecil dan dikenal dengan nama moko. Di kawasan Bali terdapat nekara yang berukuran sangat besar dan masih utuh dengan tinggi hingga 1,98 m dan diameter 1,6 m. Nekara ini dianggap suci dan berasal dari bulan. Nekara ini kini disimpan di Pura Pantaran Sasih.
6.  Kapak Perunggu
Kapak perunggu biasa disebut kapak sepatu alasannya bab atasnya berbentuk corong dengan bibir terbelah dua. Pada corong itu dimasukan tangkai kapak. Karena itulah kapak ini disebut kapak corong.
7. Patung perunggu
Patung perunggu banyak macamnya dan ada yang dibentuk mirip orang sedang menari, berdiri, naik kuda atau memegang panah. Arca berbentuk insan dan binatang banyak ditemukan di Indonesia.
8. Bejana perunggu
Bejana perunggu umumnya punya bentuk bundar dan ibarat tempat membawa ikan yang diikatkan di pinggang. Bejana masa perundagian terbuat dari dua bab lempengan perunggu berbentuk cembung yang dilekatkan pada pacuk besi di sisinya. Bejana perunggu banyak ditemukan di Madura dan Sumatera.